Sabtu, 14 November 2009

Aksi sehat dengan Tai Chi

Aksi Sehat dengan Tai Chi



Bogor
- Tai chi merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang sejak dulu memang digunakan untuk memelihara kesehatan fisik, mental, serta ketahanan tubuh seseorang. Ketahanan tubuh berarti kemampuan badan untuk mempertahankan diri terhadap berbagai tantangan dan gangguan yang datang, baik dari dalam maupun luar, termasuk di dalamnya penyakit.
Manfaat tai chi terhadap kesehatan sangat banyak. Bagi orang yang berlatih tai chi dengan pernapasannya secara teratur dan cukup, maka sistem peredaran darahnya menjadi lancar karena pembuluh darah kecil bertambah, pembuluh darah masuk ke otot-otot, juga ke jantung dan sel-sel tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen dan zat makanan. Kemampuan sel-sel untuk membakar lemak pun menjadi lebih besar.
Karena tai chi ini juga melatih kaki agar dapat selalu menopang berat badan, maka secara tidak langsung pula melatih tulang dan persendian kaki menjadi sehat serta kuat. Memang, dalam gerakan tai chi, kaki terlatih untuk menopang berat tubuh pada satu sisi, sehingga mampu mempengaruhi keseimbangan seseorang lebih baik lagi.
Tak berhenti di situ saja, dengan berlatih tai chi secara teratur, membuat tulang-tulang termasuk tulang rawan dan sendi-sendi menjadi kuat, lebih lentur, dan tidak mudah mengalami cedera atau sakit. Selain itu, gerakan-gerakan tai chi juga mampu memacu proses metabolisme tubuh agar berjalan dengan baik, sehingga berdampak bagi kesempurnaan kinerja masing-masing organ tubuh sampai tahap optimal.
Sin She Joe Wu Wei yang juga praktisi tai chi mengatakan, ada dua jenis aliran tai chi yang dapat dipelajari, yaitu Tai Chi Chuan dan Pa Toan Ching. Tai Chi Chuan merupakan sebuah latihan terperinci dengan sistem gerakan yang lamban dan mengalir. Karena gerakannya agak mendayu-dayu, maka aliran ini lebih cocok digunakan sebagai rileksasi dan memperkuat manfaat psikoterapi.
Bahkan di beberapa daerah sudah menggunakan Tai Chi Chuan sebagai sarana penunjang terapi medik di berbagai rumah sakit, sanitarium dan panti pemulihan kesehatan. “Aliran ini juga dapat membimbing dan menyembuhkan sejumlah gangguan fungsional tubuh serta sebagai sarana penunjang tercapainya kesehatan, kebugaran, dan panjang umur,” kata Sin She Joe Wu Wei kepada Jurnal Bogor, kemarin.
Sementara Pa Toan Ching berasal dari salah satu sebuah aliran kungfu di Tiongkok atau RRC. Meski aliran ini masuk dalam kategori ilmu beladiri, namun kebanyakan orang menitikberatkan bagi kesehatan sebab jurus-jurus yang dimainkan dapat mempertinggi daya tahan tubuh, mengurangi rasa tegang, mengontrol emosi, serta mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit non kuman.
“Senam ini amat berguna bagi pria dan wanita, tua maupun muda. Olahraga ini mampu memperkuat fisik dan mental, sekaligus dapat menenangkan syaraf otak kita. Pa Toan Ching merupakan bagian inti dari Tai Chi Chuan yang juga termasuk salah sebuah aliran Kungfu yang mengutamakan latihan hawa pernafasan dan dapat memberikan rangsangan pada titik-titik jalan darah di tubuh kita,” jelasnya.
Menurut Sin She Joe Wu Wei, tai chi sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari chikung. Mengapa? Karena chikung merupakan aspek inti dari taichi. Berlatih tai chi tanpa berlatih chikung hanya akan mendapat sedikit sekali manfaat. Gerakan lembut tai chi hanyalah permukaan semata, tetapi isinya ada pada chikung.
“Berdasarkan ilmu chikung, udara yang kita hirup dipercaya mempunyai energi hidup atau chi. Dengan melatih tubuh untuk menarik chi (chikung), maka seseorang bisa memanfaatkan energi tersebut untuk berbagai hal, terutama sebagai olahraga terapi kesehatan,” tandasnya.
nasia freemeta i
nasiaf@jurnas.com

kosultasi : 0857-7491-2275
                 konsultanfengshui.id

4 komentar:

  1. Benar sekali Tai Chi adalah olahraga istimewa, olahraga untuk bekal hari tua. Semakin lama dilatih semakin bertambah "chi power" seseorang yang akan sangat mempengaruhi kesehatannya.Tai Chi bukan satu jenis olahraga utk orang tua saja, jika berlatih sejak muda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, kelenturan otot, daya tahan tubuh dll.

    BalasHapus
  2. Tai Chi emang olah raga yg tida ada duanya...benar-banar sangat bermanfaat bagi kesehatan kita semua.....

    BalasHapus
  3. Benar yang dikatakan Sdr Amin dan Rully. Segeralah teman2 berlatih Tai Chi sangat bermanfaat bagi kesehatan jasmani dan spiritual.

    BalasHapus

AKUPUNKTUR KESEHATAN DAN KECANTIKAN